Berani Ikutan Tren Rambut Jepang?


Wabah rambut Jepang semakin luas melanda Indonesia. Hampir setiap salon menawarkan potongan rambut J-style itu. Sekarang tergantung kita, berani enggak tampil dengan gaya rambut ekstrem ini.

Dua orang cewek mampir ke sebuah salon yang punya cabang di hampir setiap sudut kota Jakarta. Baru melewati pintu, tiba-tiba mereka disodori sebuah majalah berisikan model-model rambut yang kelihatannya aneh. “Potong rambut model Jepang saja, lagi model lho!” ujar seorang haid dresser yang menunjukkan majalah tersebut. Hmmw… ternyata fenomena rambut Jepang ini sudah benar-benar meluas.

Rambut lurus simetris dan panjang sempat menjadi ikon cewek cantik dan modis. Hampir semua cewek ingin memiliki model rambut seperti ini. Apalagi iklan-iklan sampo di televisi maupun di majalah biasanya menampilkan cewek cantik berambut panjang, lurus, dan hitam berkilau.

Tapi image itu kini telah berubah. Cewek cantik dan modis enggak harus punya rambut panjang lurus dan hitam berkilau. Potongan rambut asimetris dan warna-warni model Jepang ini justru sedang digemari. Buktinya jika beberapa waktu lalu hanya ada segelintir salon yang mengkhususkan diri dalam potongan rambut Jepang, sekarang sudah mulai meluas ke hampir semua salon.

Sebenarnya bagaimana sih potongan rambut Jepang ini? Apa istimewanya sampai membuat salon-salon pasang strategi menjepangkan diri?

Dari Jepang ke Asia

Rambut Jepang ini awalnya memang dipopulerkan di negara Jepang. Lalu menyeberang ke tetangganya, Korea dan Hongkong. Seperti kita tahu, ketiga negara ini memang dikenal sebagai kiblat mode Asia sehingga tidak heran jika apa yang lagi tren di sana akan diikuti oleh negara-negara Asia lainnya, termasuk Indonesia tentunya.

Hal ini juga diakui oleh Romy Kim, seorang hair dresser yang didatangkan langsung dari Korea oleh Habb Hair Gallery yang terletak di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Kim mengakui kalau tren model rambut di Korea dan Jepang memang seperti yang sedang tren di Indonesia sekarang ini. Bedanya, di sana lebih ekstrem, baik dalam guntingan maupun pewarnaannya.

Mengenai model dan potongannya sendiri sebenarnya tidak mempunyai patokan yang pasti. Tetapi untuk memenuhi kualifikasi sebagai model rambut Jepang, setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya:

• Potongan rambut asimetris, yaitu potongan yang tidak rata. Misalnya bagian depan panjang, bagian belakang-nya pendek. Atau panjang rambut di sisi kiri dan kanannya berbeda.

• Potongan poni boleh simetris maupun asimetris.

• Bagian bawah rambut tipis. Potongan rambut semakin menipis ke bawah. Bahkan cenderung cepak di bagian bawahnya.

• Ujung rambut lancip. Dengan teknik razor (menggunakan pisau cukur) akan menghasilkan guntingan yang lancip dan tipis.

• Spike di bagian atas rambut. Bagian atas rambut biasanya lebih pendek cenderung berdiri kaku.

• Ikal di bagian bawah rambut. Tetapi ikalnya lebih besar-besar.

Untuk potongan rambut cowok pun tidak berbeda. Potongan spike dan messy hair masih berjaya. Hanya saja panjangnya lebih bervariasi. Memang sih rambut gondrong yang pernah ngetop di tahun 1990-an tidak kembali dalam wujud seutuhnya. Untuk tahun ini definisi gondrong lebih kepada “tidak cepak atau plontos”. Sehingga rambut cowok pun bisa lebih “berantakan” tahun ini.

Salah satu keunggulan dari model rambut ini adalah kita tidak perlu repot men-setting- nya. Bahkan tanpa menyisir, rambut pun bisa terlihat keren kok. Untuk bantuan kesan dramatis memang diperlukan produk-produk styling rambut seperti hair wax dan foam. Tetapi pastinya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Warna semakin mencolok

Bukan cuma modelnya yang semakin berani. Warna rambut pun semakin ekstrem. Hijau, ungu, merah, biru, golden blonde, abu-abu, silver, pink, sampai warna ash. Proses bleaching harus dilakukan untuk mendapatkan hasil warna mencolok seperti ini. Teknik pewarnaannya pun semakin bervariasi. Bukan sekadar highlight di bagian atas rambut, tetapi bisa lebih berani, bahkan enggak tanggung-tanggung mewarnai seluruh rambut dengan warna ekstrem!

Umumnya pewarna rambut yang digunakan tidak mudah ditemukan di supermarket atau toko kosmetik. Habb Hair Galery contohnya, mereka mengimpor pewarna rambut ekstrem ini langsung dari Korea walaupun harganya dipatok hampir sama dengan merek pewarna rambut lainnya yang banyak beredar di Indonesia.

Melihat model dan warnanya yang memang berani, menyebabkan kita harus berpikir berkali-kali untuk mengikuti model rambut ini. Risiko rambut menjadi rusak akibat bleaching dan pewarnanya misalnya, tetap menjadi salah satu pertimbangan. Belum lagi kalau ternyata potongan rambut yang berantakan ini tidak sesuai dengan kepribadian kita. Atau ternyata enggak cocok dengan bentuk wajah kita. Wah… bisa tidak sedap dipandang dong!

Jadi sebelum memutuskan untuk mengganti model rambut kita jadi J-Style, sebaiknya konsultasikan dulu dengan hair dresser atau teman terpercaya. Jangan hanya ikut-ikutan tren tanpa memahami isi dari tren itu sendiri. Tren hanyalah sebuah pilihan!

http://www.google.com

24 responses to this post.

  1. good tips heheh…

    Balas

  2. Posted by Sher on April 7, 2008 at 8:23 am

    Artikelnya bagus sich, cuman warnanya buat tulisannya susah kebaca…

    Balas

  3. Posted by ezra on April 8, 2008 at 4:46 am

    hai…

    sitekidesune*_*

    hidup japan

    Balas

  4. Posted by ezra on April 8, 2008 at 4:48 am

    ganbate japan…

    hai,sutekidesune

    Balas

  5. Posted by riry_imooetz on Juli 3, 2008 at 4:49 am

    mana dunk model2 yg lain
    keereeeen abiz dech….

    Balas

  6. Posted by Yura on Juli 12, 2008 at 8:35 am

    Gimana kalau tambahin pic model rambutnya…seru tuh..kali aku cocok potong kaya Taksi apa kenisiri…mungkin Naruto

    Balas

  7. Posted by nana on Juli 31, 2008 at 5:11 am

    aduh sayang bgt warna layarnya bikn tulisannya susaah d bc, jd kabur gt.

    Balas

  8. Posted by yuichiro on Agustus 7, 2008 at 6:18 am

    mantep bgt style japan,apalagi model rmbt visual kei bgt.tp msh dikit salon yg ahli dlm potongan gaya rmbt japan ini

    Balas

  9. Posted by MeLiSa on Agustus 27, 2008 at 1:07 pm

    Ak juga penggemar japan,,
    Tp ak skg lg butuh model baru rambut jepang,,
    Bisa bantu kah??

    Balas

  10. Posted by petty on September 22, 2008 at 10:37 am

    artikelX bagus koq…
    !!!1
    cuman tambahin fotonya donk!!!!

    Balas

  11. Posted by bunga on Oktober 17, 2008 at 5:38 am

    Munculin face nya donggggggggggggg

    Balas

  12. oi mana model rambutnya

    Balas

  13. alow….bisa minta contoh gambar model rambutnya ga?

    Balas

  14. Posted by elang on Januari 1, 2009 at 6:50 pm

    contohnya

    Balas

  15. mna gmbarnya……………?????????????

    Balas

  16. Posted by iey_mae on Januari 30, 2009 at 8:19 am

    hem u pke mdel tu jg??????????????lhtn dong

    Balas

  17. gmbarnya mna to????? q jg lg pngin ikt modif rmbut ala japan nich….

    Balas

  18. Posted by novi on Maret 17, 2009 at 12:47 am

    tlg donk d mnculkn cr prwtnx

    Balas

  19. Posted by werli on Maret 17, 2009 at 12:59 am

    bgmn cr agr rmbut kriting klihatan lbh indh………..?

    agr G kLh mA rAmbut yG luRus

    tLg D wjb Donk Agr Q g pNsAraN……..!!!!!!!

    Balas

  20. Posted by Amy on Maret 31, 2009 at 9:13 am

    Kasih lihat gambarnya dunk…..?!!

    Balas

  21. gw lg cari model rambut yg baru banget gw kerja di bidang salo gw stylist bingung lg cari model rambut yg yg baru!ada yah gaya rmbut ya dri japang yang baru?thx

    Balas

  22. kenape ga ada gambar nyae ? gw mau liat tren rambut nye bisa ga di liattin foto nye?

    Balas

  23. ko gk ad putu’y………

    gila nigh…

    Balas

  24. Posted by sigit on Oktober 18, 2009 at 3:51 pm

    mANa …………sechh .. pOTo fAce nya………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: