sophan sophian meninggal dan kenangannya…

Sophan Sophiaan adalah aktor, sutradara, dan politisi Indonesia. Pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 26 April 1944 ini juga dikenal karena perkawinan langgengnya dengan sesama bintang film, Widyawati.

Putra dari Manai Sophiaan, politikus terkemuka Indonesia yang pernah menjadi duta besar di Rusia ini telah membintangi 27 film dan menyutradarai 19 film.

Film-film Sophan yang terkenal antara lain PENGANTIN REMAJA (1971), PERKAWINAN (1972), CINTA REMAJA (1974), DAMAI KAMI SEPANJANG HARI (1985), ARINI, MASIH ADA KERETA YANG LEWAT (1987), SESAL (1994), serta filmnya yang terakhir bersama sang istri, LOVE (2008).

Tak hanya film, beberapa sinetron pun dibintanginya, antara lain ABAD 21 (1996), dan ELANG (2008).

Selain berkiprah di dunia akting, Sophan juga terjun ke dunia politik, mengikuti jejak ayahnya. Bukan menjadi duta besar, Sophan aktif di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan dipercaya menjadi Ketua Fraksi PDIP di MPR. Namun Sophan kemudian mengundurkan diri.

Usai berkiprah di MPR, aktivitas Sophan di dunia politik tak surut. Dia juga sempat menjadi bintang iklan mendukung pencalonan Amien-Siswono sebagai presiden dan wakil presiden pada pemilu 2004.

Dari pernikahannya dengan Widyawati, Sophan dikaruniai dua anak laki-laki, Rommy dan Ramma.

Sophan meninggal dunia akibat kecelakaan motor pada 17 Mei 2008. Saat itu dia bersama rombongan “Touring Merah Putih” melakukan perjalanan untuk memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional.

sumber : kapan lagi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: