novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

Hm.. novel laskar pelangi?? Pernah denger donk tentu nya..

Yah.. mungkin dari sebagian orang yang liat novel ini, pasti beranggapan,,

“duh,, tebel banget ci,, males banget dah bacanya, kapan selesai bacanya?? ”. Ada juga yang bilang ”yah ampun ni novel udah tebel, bahasanya aneh pula, paling ceritanya ngak menarik banget!!”. Orang lain boleh beranggapan begitu,, setiap orang punya opini masing-masing. Namun bagi saya, novel laskar pelangi ini adalah salah satu novel yang lumayan bagus, dan membuat saya terkagum-kagum,memberikan saya pelajaran dan inspirasi, dibandingkan sekian banyak novel yang telah saya baca. Buka berarti novel yang lain jelek lho.. ^^ semua novel itu bagus. Namun ada di antaranya yang best.

Kenapa saya bilang begitu?? Ada donk alasannya,, hehe.. ^^

Yang pertama, dari beberapa novel yang saya baca, rata-rata ada novel yang singkat, alur ceritanya yang saya tidak mengerti. Ada pula yang novelnya hanya begitu-begitu saja, seperti laur ceritanya tentang persahabatan, keluarga, bahkan sampe percintaan para remaja.. hihi..(sudah umum).

Yang ke dua,, menurut saya, walaupun novel laskar pelangi ini di beberapa ceritanya menggunakan bahasa-bahasa biologi(latin), dan nama-nama lainnya yang asing buat kita, namun dari situ lah kita dapat belajar hal-hal yang baru yang belum kita ketahui.

Yang ke tiga,, di dalam novel ini banyak menceritakan hal-hal yag menarik dan memberikan suatu pelajaran yang bagus untuk hidup, karena di laskar pelangi ini, menceritakan perjuangan 10 anak dalam menuntut ilmu, walaupun mereka hidup di keadaan yang susah, namun mereka tetap berusaha. Selain itu, mereka rela bersekolah di suatu tempat yang sudah tidak layak di sebut sekolah lagi. Selain menceritakan tentang perjuangan mereka dalam menuntut ilmu, di sini juga menceritakan tentang persahabatan yang mereka jalani selama hampir 9 tahun, lalu di pertemukan kembali setelah 12 tahun kemudian. Hm.. bagi yang sudah baca novel ini tentunya sudah tahu alur ceritanya seperti apa.

Dari novel yang di buat oleh Andre Hirata ini, saya dapat mengambil beberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita harus benar-benar menghargai hidup, menghargai semua pemberian Tuhan, tidak pantang menyerah bila menginginkan sesuatu, dan tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau dan berusaha. Dan satu lagi, pintar ngak menjamin kita untuk selalu sukses, seperti cerita pada tokoh lintang, dia anak yang pintar, namun diakhir cerita dia menjadi seorang supir truk, disini saya dapat mengambil kesimpulan, bahwa semua kehidupan manusia sudah ada yang mengaturnya, yaitu Tuhan. Semua yang kita kerjakan tidak lepas dari campur tangan Tuhan.

Itu tadi sekilas pendapat saya tentang novel Laskar Pelangi ini. Semoga yang sudah membaca novel laskar pelangi ini, dapat belajar dari isi ceritanya.cepet-cepet dah baca buku selanjutnya. Dan bagi yang belum membacanya, sayang banget.. buruan deh beli, kalo ngak bakalan nyesel, karena dari kamu membaca novel ini, kamu bakalan dapat sesuatu yang baru yang belum pernah kamu ketahui. Ok?? Hm.. jadi pengen cepet-cepet baca buku selanjutnya.. hehhhe

Makasih..

trisnasari

XII IPA / 27

2 responses to this post.

  1. Posted by rizqa on Oktober 8, 2008 at 11:57 pm

    jjjjjjjjjjjjjjjeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeelllllllllllllllllllllllllllllleeeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    Balas

  2. Posted by Thary on Desember 9, 2009 at 10:42 am

    BgussSs bgt nOvelx

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: